100 No-Equipment Workouts Vol. 2: Easy to Follow Home Workout Routines with Visual Guides for Al

100 No-Equipment Workouts Vol. 2: Easy to Follow Home Workout Routines with Visual Guides for Al

Fisika Dua buah simpul terdekat pada suatu gelombang akan membentuk ….

Dua buah simpul terdekat pada suatu gelombang akan membentuk ….

Dua buah simpul terdekat pada suatu gelombang akan membentuk sebanyak ¹/₂ gelombang. Adapun untuk membentuk satu gelombang dibutuhkan tiga buah simpul yang berdekatan.

Pembahasan

Gelombang dapat didefinisikan sebagai getaran yang bergerak (merambat) melalui medium tertentu. Gelombang menurut arah rambat dan arah getarnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu gelombang tranversal dan gelombang longitudinal. Gelombang tranversal merupakan gelombang dengan arah rambat membentuk sudut 90 derajat (tegak lurus) terhadap arah getarannya. Adapun, gelombang longitudinal merupakan gelombang dengan arah getar dan arah rambahnya adalah searah (membentuk rapatan dan renggangan).

  • Gelombang transversal memiliki bentuk berupa lembang dan bukit. Di antara lembah dan bukit gelombang terdapat simpul. Simpul merupakan titik di mana amplitudo gelombang memiliki nilai minimum. Kalau diperhatikan dari gambar pada lampiran, dua simpul yang terdekat pada gelombang tranversal membentuk setengah gelombang. Adapun satu gelombang transversal terdiri dari tiga simpul atau terdiri dari satu gunung gelombang dan satu bukit gelombang. Contoh gelombang transversal adalah gelombang slinki, gelombang cahaya, dan gelombang dari tali.
  • Gelombang longitudinal adalah gelombang yang mana arah dari perpindahan mediumnya searah dengan arah rambat gelombang. Jarak antara pusat dua daerah berturut-turut dari tegangan dan regangan disebut sebagai panjang gelombang, . Ketika daerah tegangan dan regangan dari dua gelombang berhimpitan, maka hal itu disebut interferensi konstruktif dan jika daerah tegangan dan r tidak bertegangan tidak tepat berhimpitan, maka hal itu disebut interferensi destruktif.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang perhitungan sudut fase gelombang :
    https://brainly.co.id/tugas/14244201
  • Materi tentang perhitungan simpangan gelombang :
    https://brainly.co.id/tugas/16058186
  • Materi tentang perhitungan cepat rambat gelombang :
    https://brainly.co.id/tugas/15634649

______________

Detail jawaban

Kelas    : XII
Mapel  : Fisika
Bab      : 1 - Gelombang Mekanik
Kode    : 12.6.1

[answer.2.content]